Kamis, 02 Juli 2015

Surat Untuk Adik 2015 (Balasan 1) Esmiralda Laulu, Kabupaten Maluku Utara

Buat : Kakak Budi Wicaksono
Dari : Adik Esmiralda Laulu


Halo.... Kakak Budi.
Senang rasanya saat saya dapat menerima surat dari kakak Budi yang hebat. Cerita kakak sangat menarik dan gambar kakak di foto yang dikirim untuk saya sangat bagus. Oh iya perkenalkan nama saya Esmiralda Laulu, panggil saja Alda. Saya duduk di kelas 5 SD Kristen Adodo Molo. Jika sudah besar nanti memiliki cita-cita menjadi bidan, oleh karena itu saya harus rajin belajar dari sekarang.
Kalau kakak bercerita tentang aktivitas kakak, saya juga ingin bercerita tentang desa tempat saya tinggal. Saya tinggal di desa Adodo Molo, kecamatan Molo Maru. Ada satu tradisi yang khas di desa kami. Apakah kakak mau tau? Kalau mau tau datang ya ke desa kami karena dengan datang kakak akan merasakan sendiri. Tapi biar kakak tidak penasaran saya akan sdikit bercerita tentang tradisi dari desa kami.
Jadi di desa kami ada namnaya tradisi Tsnobak yaitu tradisi menyambut tamu luar desa yang baru datang untuk pertama kalinya ke desa kami. Ritual Tsnobak adalah ritual doa kepada nenek moyang yang dipimpin oleh ketua adat desa kami. Prosesnya kurang lebih seperti ini, sopi atau arak yang menjadi minuman adat didoakan oleh ketua adat kemudian disiramkan ke tanah. Setelah itu sisanya yang ada di dalam gelas diminum oleh tamu yang datang sampai habis. Tapi jika tamu tidak meminum minuman beralkohol, ketua adat hanya mempersilakan menempelkan gelas pada bibir seperti yang dilakukan para bapak guru kami dari Indonesia Mengajar yang datang biasanya tidak meminum minuman sopi saat Tsnobak.
Itulah sedikit cerita dari saya semoga kakak berkenan membacanya. Saya tunggu balasan dari kakak dengan cerita dari kakak yang lain lagi. Semoga kakak di sana baik-baik selalu. Doakan saya dapat mencapai cita-cita saya ya kak, biar suatu saat saya bisa pergi ke Jawa dan siapa tahu bisa bertemu dengan kakak.
Salam
Alda Laulu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar